Jumat, 22 November 2013

Seminar Nasional Teknologi Informasi (SNTI)

Sabtu, 16 November 2013
Universitas Tarumanegara

SNTI

Masa perkuliahan gw udah beres dari semester lalu, sidang gw juga udah terlaksana di bulan September, revisi gw juga udah beres sejak bulan Oktober. Yang jadi masalah, gw belum sempet ngurus SKL (Surat Keterangan Lulus). Pffft. Hal ini terjadi bukan karena gw males ngurusnya, tapi gw udah terlanjur kerja yang mengharuskan gw ada di lokasi dari Senin sampe Jum'at dari jam delapan hingga selesai, yang biasanya minimal setelah maghrib baru bisa caws. Jadi Curhat.. -.-"

Tapi sekarang ada yang bersedia bantuin, alhamdulillah.. ^^
Etdah, salah cerita, malah skripsi.. -.-"
Back to SNTI..

Jadi gini, saat dalam masa pengerjaan skripsi dulu, dosen pembimbing gw sempat mengatakan bahwa skripsi gw bakal didaftarin ke beberapa jurnal nasional dan internasional gitu. Dan, setelah sekian lama, ketika gw lagi kerja, ada sms masuk gitu dari pak dosen pembimbing. Agak kaget, ternyata skripsi gw masuk ke jurnal yang nasional dan internasional. Waw.. Kalau lagi sendiri itu pasti gw udah guling-guling terharu. Hhe..

Entah, perasaan tuh langsung seneng banget, karena penelitian yang gw lakukin dihargai gitu. Emang sii di jurnal-jurnal yang didaftarin itu gw cuma jadi penulis ketiga, tapi gw tetep bahagia, sungguh. Biarlah dosen pembimbing gw yang jadi penulis pertama dan kedua, karena idenya memang dari mereka kan. Jadi gw mw berterima kasih kepada mereka. Terima kasih pak dosen.. ^^

Nah, di sms tersebut, pak dosen pembimbing meminta gw untuk mempresentasikan hasil penelitian kita gitu. Kenapa tiba-tiba gw diminta? karena ternyata waktu untuk presentasi jurnal internasional dan nasional itu berbarengan. Jadilah, yang jurnal internasional dosen gw yang mempresentasikan, sedangkan yang jurnal nasional gw sendiri yang mempresentasikan. Waktunya cocok, yakni hari Sabtu, gw bisalah tentunya, maka gw pun menyanggupi. Gimana mau nolak, orang gw-nya juga excited banget gitu..
SNTI.. Here I come..

SNTI ini dilaksanakan di Universitas Tarumanegara, Jakarta. Seperti biasa, gw yang buta Jakarta, nanya-nanya ke seluruh temen-temen gaul Jakarta gw mengenai "gimana caranya kesana". Gw baru dapet cara kesananya H-1 gitu, malem-malem ditelpon Bramoo (@bramoo). Gw nanya dia lewat twitter padahal, tapi dia balesnya lewat telpon. Baik banget sumpah. Lu emang bro banget bramoo..

Universitas Tarumanegara

Sabtu gw berangkat ditemenin saudara gw, yang emang lagi liburan gitu di Bogor, sekalian dia juga pengen jalan-jalan iseng biar ga mati gaya di rumah gw. Nah, gw berangkat jam setengah tujuh ke stasiun Bogor. Naik keretalah gw tentunya, lalu turun di stasiun Cawang. Dari Cawang gw naik Trans Jakarta sampe ke Halte Grogol. Perjalanan ini ternyata gw tempuh selama hampir tiga jam. Iya, tiga jam. Iya bener, tiga jam. Parah banget kan, dan selama itu pula gw berdiri, ga di kereta, ga di Trans Jakarta. Gw kan orangnya ga tegaan gitu kalau ngeliat ibu-ibu berdiri, lebih baik gw dah yang berdiri.. asyik banget kan gw orangnya. Hhe.. -.-"

Kalau di surat undangannya, acaranya itu dimulai dari jam depalan untuk registrasi pemakalah. Tapi gw baru nyampe jam setengah sepuluh dong dengan kondisi gw gatau jam berapa gw presentasi. Di suratnya cuma dikasih tw sesi lisan 1 itu jam sebelas, sedangkan sesi lisan 2 itu jam satu. Tapi alhamdulillah-nya pas nyampe sana gw masih bisa registrasi dan gw dikasih tw, bahwa gw presentasi jam sebelas lewat lima belas menit. Aman. Aman banget. Dengan waktu segitu gw yakin gw masih sempet nyiapin power point. Dosen gw juga ngingetin gw bahwa ga semuanya penelitian gw didaftarin, cuma setengahnya aja katanya. Jadi, dari file presentasi gw waktu sidang, masih harus di-edit lagi sedikit. Langsung deh gw edit-edit sedikit, latihan cas-cis-cus, siaplah gw untuk presentasi..

Waktu presentasi itu cuma sepuluh menit dan tanya jawab lima menit. Gw jadi presentator kedua. Orang pertama yang presentasi itu dari Gresik, bapak-bapak bermuka edukasi. Dia presentasi cuma enam menit men, terus pas moderatornya nanya ke audience, "Apakah ada pertanyaan?", para penonton hanya terdiam, yang artinya "ga da pertanyaan" atau sebenernya itu "udah buruan beresin presentasinya". Hhe.. Terus gw mikir, wah, bentar banget ya, kaya gw presentasi di kelas aja lagi kuliah aja, sekali lewat, terus duduk lagi dengan tenang..

Bagian gw men, gw maju aja santai. Setelah gw presentasi dengan cool-nya, ada doktor yang tertarik. Jadilah pas tanya jawab jadi rame gitu, gw sama dia sii yang ngeramein, kaya ngobrol berdua pake mik, tapi didengerin orang banyak. Sebenernya pas tanya jawab itu dia ngerasa kurang puas dengan jawaban gw, keliatan banget dari mukanya, padahal gw udah menjawab dengan sejelas-jelasnya. Tapi karena waktu sudah sangat melewati yang seharusnya, diberhentikanlah secara baik-baik oleh moderatornya, dengan sebuah pertanyaan juga dari moderatornya. Ini kenapa semua orang jadi suka nanya-nanya gw deh. Hhe.. Tapi secara overall lumayanlah presentasinya..

Presentasi di  Untar

Sesi lisan 1 selesai jam setengah satu. Langsung break deh. Makanannya mantap men. parah to the max. Gw tak menyia-nyiakan kesempatan, makan sampe kenyang lah gw, ga usah inget perut yang maju melebihi garis batas kewajaran. Hhe..

Pas lagi break makan siang ini, gw sengaja nyempetin untuk ketemu doktor yang tadi tanya jawab pas presentasi, biar bisa diskusi lebih janjut gitu. Ternyata, dia salah paham men tadi. Jadi background  dia itu dari biologi dan biologi banget, dan ada beberapa istilah komputasi yang belum dia pahami, maka berbincanglah kita mengenai penelitian yang gw kerjain. End up-nya dia menyemangati gw men untuk sekolah lagi dan mengembangkan penelitian gw. Orang-orang seperti bapak ini tuh cool. Gw harus bisa jadi lebih dari bapak ini. Kesungguhan hati.

Satu lagi, pas lagi break itu gw agak menyadari, bahwa gw itu ternyata termasuk muda gitu, kayanya.. Karena yang presentasi di sana kebanyakan bapak-bapak atau ibu-ibu gitu. Jadi agak bangga aja, judulnya peneliti muda, petantang petenteng pake nametag "pemakalah". Hhe..

Break makan siang

Jam setengah dua udah disuruh masuk lagi buat sesi lisan 2. Tapi gw memutuskan untuk pulang, mengingat waktu perjalanan pulang yang lama pake banget. Hhe.. Langsunglah gw izin sama panitia, ngambil sertifikat, dan caws. Perjalanan sambil berdiri menanti. Tak apa..

Yah begitulah pengalaman presentasi di depan para akademisi. Bertemu mereka meningkatkan hasrat untuk sekolah lagi dan menghasilkan sesuatu yang baru. Jika ada kesempatan, gw mau kok sekolah lagi, meninggalkan pekerjaan gw saat ini. Hhe.. Ada yang mw ngasih beasiswa? Hhe..

Terakhir, gw mw mengucapkan terima kasih untuk kedua dosen pembimbing gw yang cool banget banget banget, yakni: Toto Haryanto, SKom, MSi dan Habib Rijzaani, MSi

Selasar Untar

2 komentar:

  1. kyaaa gugling SNTI Untar nemu postingan ini.
    Bedanya saya ga dikasih tau skripsi bakal disubmit di SNTI tahun ini, jadi bingung ujug-ujug ada email masuk dari panitia SNTI. Seneng dan sedikit bangga gitu ya.. Asli, padahal skripsi nya cupu :D

    Sayang saya cuma skripsinya aja yang disubmit, orangnya nggak didaftarin buat ikut, jadi cuma dosennya aja yang presentasi (hilang lah kesempatan buat jalan-jalan).

    BalasHapus