Minggu, 06 Oktober 2013

Kebun Raya ga gitu DOANG

Bogor Botanical Garden

Minggu lalu, gw tuh semacam ga punya arah gitu. Dalam artian, kegiatan gw cuma mrojek-mrojek software syalala, sambil mengurus revisi skripsi gw yang kesemuanya menunggu kepastian dari para dosen-dosen. Gw kebanyakan terbengong-bengong di atas kasur, menggeliat-menggeliat ga jelas karena stuck dengan codingan, atau menghamparkan diri di atas karpet, jadi tontonan cicak-cicak. Cukup nista gw rasa. Hha..
So, dengan hal ini, bisa dibilang, gw memiliki waktu luang yang agak banyak, melimpah malah. Dari kenistaan itulah tercetus ide untuk besepeda keliling kebun raya. Keren banget bukan? Hhe..

Kenapa bersepeda? Men, perut gw sekarang sudah terasa besar. Bukan hanya terasa sii, sudah tampak secara real, tiga dimensi, dan menyeruak gitu. Gw juga agak heran sebenarnya, berat badan gw bisa bertambah sepuluh kg selama semester delapan, saat pengerjaan skripsi. Entah, korelasinya seperti apa. sudahlah, mari kita kembalikan seperti semula. (sembari tersedu di pojokan)

Bersepeda, pencitraan sporty gitu

Akhirnya gw sepedahan bertiga sama dua temen gw yang kondisi ke-takjelasan-nya tak jauh berbeda dengan gw. Seenggaknya menurut kacamata gw. Siapa mereka, mereka adalah saudara @dofactora dan @ryanhdayat. temen seperjuangan dari masa ke masa.. -.-"

Bertiga, syalalalala

Mengenai kebun raya, gw tuh dulu kaya sering nganggep sebelah mata gitu sama kebun raya. Kaya semacam, ah cuma tempat wisata yang begitu doang, taneman taneman taneman taneman taneman, udah aja gitu..

Tapi tu dulu, sekarang tidak lagi.. #sikap

Sekedar informasi aja, tiket kebun raya itu sekarang Rp 14.000 plus sumbangan teruntuk PMI Rp 1.000. Tuh kan, Kebun Raya keren kan, ngasih peluang lu beramal juga men. Lalu, karena gw bersepeda ria, gw harus mengeluarkan kocek lagi Rp. 5000. Sepeda-sepeda ini tuh boleh masuk ke kebun raya semenjak bulan Maret 2013. Menurut gw program ini awesome banget, tw sendiri kan kebun raya gedenya sealaihim gambreng, kalau jalan kaki buat ngubek-ngubek, lumayan aja. Hha..
Ga percaya? liat aja petanya..
.
Peta kebun raya

Gw kesana pas weekday gitu, jadi lebih bisa menjelajah dengan santai aja, karena gak terlalu banyak pengunjung juga. Dan gw memang menyarankan kalau mw puas "mengebun raya" jangan weekend men, isinya orang semua. Kecuali kalau memang orientasinya beda, seperti, mau mencari pasangan hidup kah? atau, mw mencari pasangan lucu-lucuan kah? Hha.. Orientasi yang aneh..

Hmm.. secara garis besar, dengan bersepeda, gw semacam nyaris menjelajahi seluruh kebun raya gitu. Intinya gw PUAS banget lah. Dan gw ngerasa uang yang gw keluarin bwt tiket dan syalala-syalala cukup worthed.

Kenapa?
Kebun Raya itu isinya pengetahuan men, pengetahuan yang diurus gitu sama orang-orang yang peduli dengan pengetahuan itu. Maka ga heran, kalau kita disana ketemu sama bule bule yang lagi penelitian. Kebun raya itu semacam surga ilmu bagi yang mengetahuinya..
Kalau lu ga cukup pintar untuk memahami ilmunya, seperti gw misalnya. Lu tinggal nikmatin aja suasana disana, suasana cozy cozy romantice gitu men. Gw yakin lu langsung zen mode on. Cocok bangetlah buat orang-orang yang mencari ketenangan. Cool enough? Dengan catatan: jangan kesana weekend.

Gw mw ngucapin makasii dulu lah teruntuk para tetua pemimpin pengurus kebun raya dari masa ke masa, yang penampakannya bisa dilihat di bawah ini..

Head of Bogor Botanic Gardens

Ya, gw jadi bangga aja, kota gw tuh sebenernya emang kota dalam taman dan taman dalam kota. Hha..
So, melalui tulisan ini gw coba promote aja kebun raya ini, sebagai bentuk kekaguman gw.. Saran dari gw, lu datengin semua tempat yang ada di peta itu, rasain deh cool-nya kebun raya. Kalau lu cuma datengin sebagian-sebagian, kaya kurang aja gitu. Pendapat aja sii. Hhe.. Semua tempatnya pecah abis semua kok..

Seperti biasa, gw terlalu banyak berbicara memang, dan mudah-mudahan citra-citra di bawah ini bisa bercerita lebih. Hhe.. ^^

The journey begin

Jalan-jalan lucu

Depan rumah anggrek men

Halaman rumah anggrek gitu

Di dalem rumah anggrek gitu

Rumah anggrek dalem dari dalemnya

Anggrek anggrek

Anggrek anggrek lagi

Anggrek anggrek dari atas

Tempat nyantai

Tempat penelitian kultur jaringan

Tempat peneltian

Tanaman obat

Taman garuda

Gatau ini sebenernya patung apaan

Bersepeda uhuy

Pohon beracun

Jembatan gantung gitu

Lupa namanya monumen apaan

Pohon yang akarnya ngegantung-gantung gitu

Monumen dari Sir Raffles untuk istrinya

Danau cool gitu, deket istana

Makam belanda jaman dahulu

Kalo sepedahan, keliatan oke kan

Sepedanya sama ternyata, cuma beda warna

Istana terlihat dari kebun raya

Museum Zoologi

Dalemnya museum zoologi

Gw agak terkesima gitu ngeliat sajak yang ditulis sama Olivia Mariamne, istrinya Sir Thomas Stamfrod Raffles.. Ini  nih sajaknya:

On thou whom neer my constant heart
One moment hath forgot
Tho fate severe hath bid us part
Yet still forget me not

Gw ga begitu mengerti sii artinya, biar keliatan pujangga banget aja gitu, ngangguk-ngangguk di depan monumennya. Hhe..

Begitulah, intinya kebun raya tuh ga gitu DOANG. Hhe..

2 komentar:

  1. yaaahh kirain ada yang beda. perasaan ti baheula gitu2 aja a isinya. A upay salah kalau mau nurunin kalori jln kaki sekalian hehe. Ternyata bukan cuma wanita yang bermasalah dengan berat badan, kaum pria juga. A upay, kalau mau ikut hiking gitu harus ikut organisasinya a upay gitu yaa?

    BalasHapus